STANDAR PELAYANAN

Standar Pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Setiap penyelenggara pelayanan publik berkewajiban memiliki dan memenuhi standar pelayanan yang didesain untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada publik sehingga masyarakat dimudahkan menjangkau pelayanan dasar yang mengarah kepada kesejahteraan masyarakat.

Di samping itu, dengan terpenuhinya standar pelayanan tersebut, dapat meminimalisir tindakan-tindakan maladminsitrasi seperti pungutan liar, penyimpangan prosedur, penundaan berlarut dan sebagainya yang merupakan celah terjadinya tindakan korupsi. Adanya standar pelayanan publik memberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat sehingga dalam sebuah pelayanan baik persyaratan, prosedur, biaya dan jangka waktu dapat diukur dan diketahui masyarakat tanpa mengalami kebingungan serta menuntut pengawasan masyarakat dalam penyelenggaraannya.

Puskesmas Pangkalan Lesung sebagai salah satu fasilitas pelayanan publik pun memiliki standar pelayanan yang meliputi:

  1. Pelayanan Frontliner
  2. Pelayanan Pendaftaran dan Administrasi
  3. Pelayanan Rawat Jalan Umum
  4. Pelayanan Kesehatan Gigi dan mulut
  5. Pelayanan KIA/KB dan Imunisasi
  6. Pelayanan Gawat Darurat
  7. Pelayanan Khusus Lansia
  8. Pelayanan Konsultasi
  9. Pelayanan Pemeriksaan Khusus ( Tb, HIV, dan Covid-19 )
  10. Pelayanan Rawat Inap
  11. Pelayanan Kefarmasian
  12. Pelayanan Laboratorium
  13. Pelayanan Ambulans

Semua standar pelayanan tersebut dapat dilihat rinciannya pada menu download website ini.